Minggu, 19 Juli 2015

Kenapa ke Kampung Inggris?

Ketika kita mendengar kata KEDIRI mungkin hal yang paling pertama teringat adalah kampung Inggrisnya yang begitu top dikalangan para pelajar pencinta bahasa asing.

Saya ingat sekali di lima tahun silam. Saya sebagai mahasiswa baru waktu itu dan sebagai penghuni baru disebuah pondokan sesama mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Tiba-tiba saya dikagetkan dengan suara keras yang terdengar begitu mendengung ditelinga dari luar kamar sambil berbicara bahasa Inggris dengan begitu lancarnya. Setelah itu diikuti dengan bahasa Indonesia yang inti percakapannya tentang dirinya yang baru pulang dari Kediri belajar bahasa Inggris. Sempat saya berpikir apasih kelebihan belajar di sana dibanding di Makassar sendiri. Padahal di Makassar juga banyak tempat kursus yang tidak kalah bagusnya juga tidak kalah mahalnya. Lambat laun saya menemukan sedikit demi sedikit alasan kenapa banyak orang-orang dari segala penjuru tanah air yang berbondong-bondong ke Kampung Inggris – Pare. ada mengatakan karena metode belajarnya mudah dipahami dan cepat dimengerti, biaya kursusnya jauh lenih murah dibanding di Makassar sendiri, lingkungannya mendukung karena kampung Pare desa Tulungrejo bangunannya hampir dipenuhi oleh tempat kursus dan penghujinya kebanyakan pendatang yang ingin perdalam bahasa inggrisnya, dan masih banyak alasan lain kenapa mesti di Pare. Tapi khusus saya sendiri, hanya ingin mewujudkan impian saya yang sudah lama ingin belajar di Kediri.


Saya tidak pernah berpikir sebelumnya dari mana saya akan mendapatkan uang yang lumayan besar untuk ukuran saya agar bisa ke Kediri. Pikiran sederhanya saya hanya mengatakan “Nanti akan ada jalan untuk menuju kesana” saya tulis begitu saja diantara deretan impian-impian saya. Dipertengahan study saya, beberapa teman kuliah menghabiskan masa libur panjangnya di Kediri. Saya hanya bilang ke mereka, “nanti saya akan kesana juga” dan tepat dipenghujung kuliah saya, hampir semua teman serumah saya berbondong-bondong ke Kediri dengan berbagai motif. Ada yang ke Kediri hanya untuk belajar saja bahasa Inggris, ada yang mau belajar karena ingin menempati posisi tertentu disebuah perusahaan, tapi kebanyakan dari mereka dengan alasan untuk mencapai target skor tertentu untuk mendapatkan beasiswa luar negeri. Mungkin saya berada digolongan terakhir itu selain ingin mewujudkan impian untuk belajar di Kediri, saya juga punya impian sebagai seorang peraih beasiswa luar negeri.

Sedikit demi sedikit saya kemudian berbincang dengan mereka yang lebih duluan datang dari pada saya dan bertanya tantang apa alasan mereka kenapa belajar di Pare. Ada yang menjawab karena saya mau lanjut S1 di luar negeri, lanjut S2 di luar negeri, mau kerja diluar negeri, pengisi waktu libur dan bahkan ada yang jawab karena kami diwajibkan oleh guru bahasa Inggris di Sekolah. 

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Terima Kasih atas kunjungan anda, Jangan lupa Follow, dan komentarnya !!!